Induk Perusahaan Bakrie (BNBR) ingin melakukan kuasi reorganisasi, itu tujuannya

banner 468x60


banner 336x280

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR) berencana melakukan kuasi reorganisasi. Direktur dan Chief Financial Officer (CFO) BNBR Roy Hendrajanto mengatakan kuasi reorganisasi ini dilakukan untuk memperbaiki status laporan keuangan konsolidasi.

“Untuk menunjukkan keadaan keuangan dan kinerja Perseroan yang lebih baik tanpa terbebani dengan defisit yang terjadi di masa lalu,” kata Roy dalam keterangan resminya, Kamis (16 Mei).

Roy mengatakan, ada lima tujuan kuasi reorganisasi yang akan dilakukan perseroan. Pertama, dengan aksi korporasi ini, perseroan dapat melakukan awal baru (fresh start) dengan neraca keuangan yang menunjukkan saldo laba tanpa terbebani dengan defisit masa lalu.

Kedua, memperbaiki struktur ekuitas Perseroan dengan menghilangkan akumulasi kerugian (defisit) dengan menggunakan komponen ekuitas lainnya, seperti agio saham, selisih transaksi dengan pihak non-pengendali dan pengurangan modal saham.

Ketiga, dengan kondisi neraca keuangan menunjukkan nilai saat ini tanpa terbebani dengan defisit di masa lalu, maka diharapkan perusahaan akan lebih mudah memperoleh dana untuk pengembangan usaha pada saat dibutuhkan.

Keempat, tidak adanya saldo defisit akan berdampak positif bagi pemegang saham karena Perseroan dapat membagikan dividen sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk Undang-Undang Perseroan Terbatas (UUPT).

Kelima, meningkatkan minat investor dan menarik mereka untuk membeli saham milik perseroan, sehingga diharapkan juga dapat meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan, tutupnya.

Dengan rencana kuasi-reorganisasi tersebut, Perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan digelar pada Jumat, 21 Juni 2024.

Serangkaian aksi korporasi berupa kuasi reorganisasi yang dilakukan perseroan sesuai jadwal akan selesai pada akhir Agustus 2024. Kuasi reorganisasi sendiri merupakan prosedur akuntansi untuk merestrukturisasi ekuitas dengan menghilangkan laba ditahan negatif.

[Gambas:Video CNBC]

(ay/ayh)


Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *