Harga tiket kereta kecepatan tinggi naik di China: Economy Okezone

banner 468x60

banner 336x280

JAKARTA – Harga tiket kereta cepat telah berkembang di Tiongkok. China Railway akan menaikkan harga tiket di empat rute kereta berkecepatan tinggi sebesar 20% hingga 40% pada 15 Juni.

Harga tiket meningkat meskipun China Railway telah memperoleh keuntungan. Sina Finance, dikutip dari VOA Indonesia, mencatat data keuangan China Railway Group tahun 2023 menunjukkan laba bersih perseroan berubah dari negatif menjadi positif mencapai RMB 3.304 atau sekitar Rp 7,35 triliun, dan kinerja operasionalnya merupakan yang terbaik sepanjang sejarah.

Pemberitahuan kenaikan harga tersebut dikeluarkan pada 2 Mei. “Biaya operasional seperti pemeliharaan kereta api, pembelian kendaraan, peningkatan peralatan dan tenaga kerja menjadi alasan kenaikan harga tiket,” kata pengumuman tersebut.

Perusahaan juga mengatakan rute yang terkena dampak termasuk bagian Wuguang dari kereta berkecepatan tinggi Beijing-Guangzhou dan bagian Hangzhou-Changchun dari jalur Shanghai-Kunming.

Beberapa analis berpendapat bahwa kenaikan harga ini disebabkan oleh kurangnya uang di pemerintah pusat dan daerah, seiring melemahnya sektor real estate yang menggerakkan perekonomian Tiongkok.

Wang Kuo-Chen, asisten peneliti di Chung-Hua Economic Research Institute di Taipei, mengatakan kepada VOA bahwa kinerja mengesankan yang dicatat tahun lalu hanyalah keuntungan setelah dikurangi biaya operasional dan tidak memperhitungkan utang akibat investasi konstruksi.

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia mengatakan, kenaikan harga tiket hanya bisa menutupi pendapatan umum, namun tidak membantu menutupi kekurangan investasi aset tetap. Aset tetap harus diisi dengan real estate. Sayangnya, pasar perumahan Tiongkok sedang lesu dan tidak dapat digunakan untuk mendukung kereta berkecepatan tinggi.

“Xi Jinping telah memerintahkan penghentian rute kereta peluru yang tidak penting. Jika kereta berkecepatan tinggi tidak selesai dibangun, bukankah harga rumah akan semakin turun? “Ini menjadi lingkaran setan,” kata Wang.

Pada tanggal 20 Juli 2023, media Tiongkok “The Paper” melaporkan bahwa akibat kerugian besar di sektor perkeretaapian, lebih dari 20 stasiun kereta berkecepatan tinggi telah selesai dibangun di banyak tempat, tetapi belum digunakan atau dinonaktifkan.

Kenaikan harga ini mendapat kritik di platform media sosial seperti Douyin dan Weibo. Salah satu netizen menulis, “Kemakmuran tidak berpengaruh padaku, tapi aku harus berbagi penderitaan.”

Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *