Bandara Nusantara siap digunakan saat HUT RI di IKN: Okezone Economy

banner 468x60

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) fokus pada pembangunan Bandara Nusantara yang ditargetkan selesai pada akhir Juli 2024. Hal ini terkait dengan persiapan upacara kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 mendatang. Ibu kota nusantara (IKN).

banner 336x280

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, setelah selesainya Bandara Nusantara, seluruh tamu undangan VIP dan tamu negara yang ikut dalam upaya tersebut dengan menaiki pesawat akan bisa mendarat di bandara tersebut.

Mempermudah tamu negara dan VIP untuk menghadiri perayaan HUT RI di IKN, kata Menhub saat mengunjungi objek wisata Saloka Them Park di Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Bidang Kredit dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia adalah Kepala Sekretariat Presiden. Namun, Kementerian Perhubungan diberi tugas khusus oleh Presiden Jokowi untuk mempersiapkan Bandara IKN yang kini berganti nama menjadi Bandara Nusantara.

Oleh karena itu, Menhub fokus pada pengerjaan Bandara Nusantara yang saat ini sudah berjalan 50% dan akan selesai dan diuji coba pada akhir Juli 2024.

Sementara itu, dalam proses pembangunan Bandara Nusantara kerap menghadapi kendala yang bermula dari curah hujan yang berlebihan. Jadi pengkondisian udara harus dilakukan dengan menggunakan teknologi modifikasi cuaca (TMC).

Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

Bandara Nusantara memiliki luas terminal 7.350 meter persegi dan luas eksternal bandara 347 hektar (Ha).

Konsep desain terminal bandara memadukan unsur kearifan lokal yang menonjolkan budaya Kalimantan dan ramah lingkungan.

Landasan pacu bandara IKN memiliki panjang 3.000 meter dan lebar 45 meter. Artinya, pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300ER dan Airbus A380 bisa mendarat di bandara ini.

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *