7 Fakta IKN, Istana, Air, Listrik, dan Internet disiapkan oleh: Okezone Economy

banner 468x60

banner 336x280

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan perayaan HUT ke-79 RI akan digelar di IKN dan Jakarta. Jokowi juga mengatakan, alasan perayaan HUT ke-79 RI digelar di dua tempat karena saat ini masih dalam masa transisi perpindahan dari Jakarta ke IKN.

Jokowi mengatakan, jika sudah ada keputusan presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN, maka perayaan HUT ke-79 akan digelar di IKN.

Muhadjir mengatakan, upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi didampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka memimpin perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Berdasarkan rangkuman tim Okezone, Senin (17/6/2024), berikut fakta IKN, Istana, Air, Listrik, dan Siap Internet:

1. Istana Kepresidenan di IKN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) siap ditempati Presiden Jokowi jika menginap pada 17 Agustus 2024.

“Kami sedang mempersiapkannya (Istana),” kata Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga.


Ikuti berita Okezone berita Google

Ikuti terus semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang
klik disinidan nantikan kejutan menarik lainnya

2. Pembangunan keraton dan kawasan keraton

Danis menjelaskan progres pembangunan Istana Kepresidenan mencapai 73% per 6 Juni 2024. Secara keseluruhan, Daniš menjelaskan, luas Istana Kepresidenan di IKN yang terdiri dari ruang upacara dan kantor presiden, bahkan Daniš mencapai 80%. Dikatakannya, progres kantor Presiden sendiri saat ini sudah mencapai 89,99%.

“Hampir 90% ya 89,9%. Kontrak (penyelesaiannya) akan dilakukan pada bulan Oktober. Pada akhir Oktober atau November. “Sekarang 90% berhasil,” kata Daniš.

3. Ketersediaan air, listrik, internet, gas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akses air, listrik, gas, dan internet di Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN) siap pada 17 Agustus 2024.

Air, listrik, fiber optik (internet), gas Insya Allah (17 Agustus siap), kata Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur Kementerian PUPR Danis Sumadilaga.

4. Penyelesaian surat sampah Sekuu

Daniš menjelaskan, akses air akan siap pada pertengahan Juli, sekitar minggu ketiga. Saat ini Kementerian PUPR tengah melakukan percepatan penyelesaian Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepak untuk kebutuhan air minum Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN) dengan target selesai pada Juli 2024.

Guna memenuhi kebutuhan air baku kawasan IKN Nusantara, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air telah menyelesaikan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berkapasitas 2.500 liter per detik dan Inlet Sungai Sepaku dengan kapasitas 2.500 liter per detik. kapasitas anak sungai 3.000 liter per detik.

5. Listrik, internet, gas

“Listrik datang pada bulan Agustus, internet (juga) pada bulan Agustus,” kata Daniš.

Terkait jaringan pipa gas, Danis mengungkapkan, saat ini sedang dalam proses pemasangan.

“Kemarin saya bertemu langsung dengan tim gas, jaringan gas,” ujarnya.

6. Persiapan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Kantor Ibu Kota Kepulauan (OIKN) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, persiapan HUT Kemerdekaan RI di IKN telah dipersiapkan secara matang.

“Secara keseluruhan bisa dinyatakan siap, saya kira 90 persen. Bulan Juli nanti Presiden RI akan ke IKN lagi untuk melakukan pemeriksaan akhir,” kata Basuki.

7. Apartemen untuk tempat tinggal

Basuki juga mengatakan, pada Agustus mendatang, 12 tower apartemen ASN di IKN akan full furniture untuk ditempati oleh peserta upacara. Sementara itu, lokasi pembangunan milik Menteri juga akan selesai dibangun sehingga bisa ditempati. Kemudian istana presiden selesai dibangun.

Ikuti Saluran WhatsApp Okezone untuk update terbaru setiap hari

Quoted From Many Source

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *